Rabu , 17 Januari 2018
Home / MODUS OPERANDI / Berkat Kesigapan Satpam, Pembobol ATM Dibekuk

Berkat Kesigapan Satpam, Pembobol ATM Dibekuk

JURNALSECURITY| Tasikmalaya–Pemuda berinisial RA, 22, kedapatan tengah mencongkel mesin ATM BRI di Manonjaya, Tasikmalaya. Walhasil, dia babak belur dihajar warga Kamis malam (18/10).

Terbongkarnya ulah RA bermula dari kecurigaan satpam bank tersebut, Feri Setiadi, 31, yang melihat gerak-gerik dua orang asing dari rekaman CCTV di dalam ruang ATM.

Saat keluar, mereka tidak terlihat melakukan penarikan uang. ”Seperti menempelkan sesuatu pakai double tape,” ujarnya di Maposek Manonjaya.

Setelah beberapa warga masuk dan keluar dari dua unit mesin ATM itu, kedua pelaku kembali masuk. Di situ mereka terlihat mengeluarkan gunting dan gergaji besi yang digubahkan untuk mencongkel lubang kartu ATM.

”Mereka sempat keluar dulu. Setelah kembali sepi, baru mereka masuk lagi,” tuturnya seperti dilansir situs jpnn.com.

Feri dan rekan-rekan satpam lainnya langsung keluar dan menghampiri dua orang yang masih dalam ruangan ATM tersebut. Refleks mereka kaget dan berupaya kabur. Sempat terjadi aksi saling dorong di pintu masuk ruangan ATM sampai akhirnya mereka berhasil keluar.

RA diamankan di tepi jalan sekitar 5 meter dari ruang ATM dan langsung menjadi sasaran amuk massa. Selanjutnya, seorang pelaku berhasil melarikan diri ke arah Alun-Alun Manonjaya. ”Saya langsung pasangi borgol dan lapor ke Polsek Manonjaya,” katanya.

RA berdalih baru kali pertama melakukan kejahatan itu di Tasikmalaya. Sebelumnya, pernah dia melakukan aksi serupa di Kota Bogor.

Pemuda dengan wajah penuh lebam tersebut juga mengaku hanya menerima arahan dari Aprian Saputra, temannya yang kabur. ”Saya hanya diajakin, ngikutin arahan dia,” tutur pemuda kelahiran Palembang itu.

Komplotan RA sebelumnya pernah berhasil melakukan aksinya di wilayah Bogor. Dia mengaku hanya mendapatkan uang Rp 800 ribu dari kejahatan tersebut.

Dalam aksinya, RA dkk menempelkan stiker call center palsu dan merusak lubang kartu ATM. Dengan begitu, mereka akan dihubungi korban dan melakukan peretasan terhadap kartu ATM-nya, kemudian menarik uangnya. [FR]

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Aka Mardanis, Mantan Satpam jadi Pemimpin BNI Cabang Palu

JURNALSECURITY| Palu–Siapa yang sangka, sosok perfeksionis Aka Mardanis yang menjabat sebagai Pemimpin Bank Negara Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *