Jumat , 22 Juni 2018
Home / ENVIRONMENT / BNPB: Bencana 2016 Tertinggi dalam 14 Tahun Terakhir

BNPB: Bencana 2016 Tertinggi dalam 14 Tahun Terakhir

JURNALSECURITY.com| Jakarta–Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan telah terjadi 2.342 bencana sepanjang 2016. Data tersebut merupakan kejadian bencana tertinggi sejak kurun waktu 14 tahun terakhir. Data kebencanaan ini juga meningkat 35 persen dari tahun 2015.

“Dampak yang ditimbulkan bencana selama 2016 cukup besar. Bencana menyebabkan 522 jiwa meninggal, 3,05 juta jiwa menderita dan mengungsi, sekitar 70 ribu rumah rusak dan kerugian ekonomi mecapai puluhan triliun rupiah,” Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan dalam rilisnya seperti dilansir dari laman bnpb.

Sutopo menghimbau masyarakat agar tetap optimis dalam penanggulangan bencana tahun depan. Kesiapsiagaan harus tetap menjadi prioritas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

bnpb-2016BNPB memprediksi pada 2017 nanti berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi. Bulan-bulan yang patut diwaspadai, himbau BNPN, Januari hingga April, kemudian November dan Desember.

“Juni hingga Oktober perlu diwaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan, dan sepanjang tahun terhadap potensi gempabumi, tsunami dan erupsi gunung api,“ terangnya.

Terkait dengan kebakaran hutan dan lahan, tahun depan diprediksikan sebaran yang lebih kecil dibandingkan 2016. Sutopo menegaskan perlu kewaspadaan pada wilayah-wilayah yang berpotensi ancaman kebakaran hutan dan lahan seperti di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan beberapa di Kalimantan.

Di samping itu, Sutopo menekankan pentingnya pengarusutamaan budaya sadar bencana. Secara umum budaya sadar bencana di masyarakat masih rendah. Masyarakat masih sering mengabaikan aspek risiko bencana dalam kehidupan sehari-hari.

“Contohnya masih sangat minim kontruksi rumah tahan gempa yang dibangun masyarakat maupun swasta,” terangnya. [FR]

 

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Perayaan Malam Tahun Baru Sisakan Sampah 225 Ton

JURNALSECURITY.com| Jakarta–Kepala Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta Isnawa Adji mengerahkan 6.000 pekerja harian lepas (PHL) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *