Jumat , 17 Agustus 2018
Home / ENVIRONMENT / Hati-hati! Inilah Titik Rawan Banjir dan Longsor di Pangandaran

Hati-hati! Inilah Titik Rawan Banjir dan Longsor di Pangandaran

JURNALSECURITY| Pangandaran–Akibat intensitas hujan yang tinggi dalam sepekan ini, bencana banjir dan longsor melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran. Longsor yang terjadi di Dusun Sangkan Bawang, Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, pada Sabtu, 7 Oktober 2017 dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB menghancurkan rumah salah satu warga dan empat orang tewas akibat tertimbun longsor.

Camat Kec Sidamulih Dedi Surahman membenarkan atas terjadinya tanah longsor yang mengakibatkan empat orang warganya meninggal dunia. Menurut Dedi dari ke empat korban tersebut bernama Arsih, (55) Yuyun (35), Aldi (5) dan Andika (10 bulan).

Dari kejadian tersebut warga dan pemerintah setempat telah melakukan evakuasi. “Akhirnya ke empat korban langsung dikebumikan yang disaksikan oleh Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari,” ucapnya, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Selain longsor yang menimpa rumah warga, longsor juga terjadi jalan di Desa Kalijati sehingga akses jalan Parigi-Kalijati terganggu. Tidak hanya itu, bencana Banjirpun terjadi di beberapa daerah seperti di beberapa desa di Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Pangandaran, Kecamatan Parigi dan Kecamatan Cijulang.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Pangandaran, berikut ini adalah titik-titik bencana Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Pangandaran sampai dengan Pkl. 11.00 WIB:

  1. Longsor di Dusun Sangkanbawang RT. 019/ RW. 008 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih, Dampak Bencana 1 Rumah Rusak Berat a/n. Rusman (Jumlah 2 KK 7 Jiwa). Korban 4 Jiwa Meninggal Dunia. (Longsor)
  2. Jembatan Cilamian, Cibunian Desa Margacinta Kecamatan Cijulang. (Banjir)

3.Dusun Ciokong 01/01 Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih. (Banjir)

4.Belakang ATM BRI Cikembulan Kecamatan Sidamulih. (Banjir)

5.Wilayah Pondok Pesantren Babakan Jamanis Dusun Pasir kiara Desa parigi Kecamatan Parigi (Banjir)

6.Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran. (Banjir)

7.Dusun Girisetra Desa Kalipucang, Kecamatan Kalipucang. (Banjir).

3 RW yang terdampak RW 03 (RT 01 s/d RW 05) RW 02(01 s/d RW 06) RW 01 (RT 02, RT 03)

8.SD Cintaratu Kecamatan Parigi. (Banjir)

9.Cijalu (Perbatasan Parigi – Pasir Kiara) Kecamatan Parigi. (Banjir)

10.Dusun Ciamanggu RT 01, 02 Desa Cikalong, 3 unit Rumah terdampak, dan Satu Rumah A.n Maman (Bagian Rumah Rusak Sedang) Kecamatan Sidamulih (Banjir)

  1. Blok Cinerus RW 01 Dusun Cimanggu Desa Cikalong Kecamatan Sidamulkih (Banjir)

12.Perumahan Garden Estetika Cikembulan akibat Luapan Sungai Ketinggian Air di jalan sampai dengan 2 meter, Komplek Perumahan 80 cm-1 m . terdampak 120 Rumah Alamat dusun Cikangkung RT 01/04 Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih Total Jiwa terdampak 525 (Banjir)

  1. Desa Cikangkung Lingkungan Mesjid Jammi Tiadur Majaihid Dusun Cikangkung terdampak 50 Rumah , Ngungsi 15 orang Lokasi pengungsi : Puskesmas Cikembulan ( Sumber Dr. Dilla) Kecamatan Sidamulih (Banjir)

14.Dusun Patrol RT 02 RW 03 Desa Cibenda Kecamatan Parigi (Banjir)

15.Dusun Sukasari dan Dusun Karangnangka Desa Bojong Kecamatan Parig. (Banjir)

16.Dusun Pamotan RT. 01 RW. 03 Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang. (Banjir)

17.Dusun Sentul Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang. (Longsor)

 

 

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Perayaan Malam Tahun Baru Sisakan Sampah 225 Ton

JURNALSECURITY.com| Jakarta–Kepala Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta Isnawa Adji mengerahkan 6.000 pekerja harian lepas (PHL) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *