Rabu , 17 Januari 2018
Home / HANKAM / Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Tolak 562 WNA, Tiongkok Mendominasi

Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Tolak 562 WNA, Tiongkok Mendominasi

JURNALSECURITY| Jakarta–Jajaran Imigrasi Kelas I Soekarno Hatta pada awal tahun 2017 hingga hari ini berhasil mengamankan dan menolak 562 warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia. Dari data tersebut didominasi WNA dari Tiongkok.

Kepala Imigrasi Kelas I Soetta, Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, penolakan terhadap orang asing di Bandara Soekarno Hatta pada tahun sebelumnya mengalami penurunan.

“Di tahun 2016 ada 719 orang WNA yang ditolak. Sedangkan di tahun 2017 ini ada 562 orang WNA,” ujar Enang seperti dilansir tangerangnews.com, Selasa (19/12).

Menurutnya, pada tahun 2017 ini, penolakan orang asing di Bandara Soekarno Hatta terdapat dari 5 negara teratas, dengan didominasi oleh Tiongkok. “5 negaranya dari Tiongkok, Malaysia, Jepang, Singapura dan Saudi Arabia. Mereka ditangkap karena masalah keimigrasian,” ucapnya.

Selain alasan keimigrasian, alasan penolakan orang asing tersebut karena masuk dalam daftar cekal, paspor rusak atau palsu, tidak kooperatif serta mengganggu ketertiban umum dan lain sebagainya.

Enang menyebut trend penurunan penolakan terhadap orang asing tersebut disebabkan karena lebih ketatnya pengawasan di Bandara Soekarno Hatta.

Terlebih, pihaknya mau pun negara secara tegas melakukan penolakan terhadap orang – orang asing yang tidak berkepentingan untuk datang ke Indonesia. “Maka dari itu kami kuatkan sistem filter dalam mendeteksi kedatangan para WNA tersebut,” paparnya. [FR]

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Aka Mardanis, Mantan Satpam jadi Pemimpin BNI Cabang Palu

JURNALSECURITY| Palu–Siapa yang sangka, sosok perfeksionis Aka Mardanis yang menjabat sebagai Pemimpin Bank Negara Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *