Jumat , 22 Juni 2018
Home / MODUS OPERANDI / Kenali Modus Kejahatan saat Liburan

Kenali Modus Kejahatan saat Liburan

JURNALSECURITY| Ketika liburan, memang waktunya untuk kita bersenang-senang. Namun, jangan sampai lengah dan terkena modus penipuan di lingkungan asing atau tujuan wisatamu. Berikut ini yang harus diwaspadai ketika berlibur:
1. Modus anak hilang Jika menemukan anak menangis di tempat wisatamu dan menunjukkan sebuah alamat atau mengarahkanmu ke suatu tempat, jangan langsung mengikuti. Lihat sekitarmu apakah ada orang yang mencurigakan, dan lebih baik langsung membawanya ke pos polisi terdekat untuk dibantu oleh pihak berwenang.
2. Modus gelang Kasus ini pernah terjadi di sekitaran daerah wisata Cina dan Paris. Modusnya, orang akan datang kepada kita dan mengikatkan gelang di pergelangan tangan. Namun, gelang dipasangkan terlalu ketat dipergelangan tangan kita sampai tidak bisa dilepas. Setelah itu, mereka akan menuntut kita untuk membeli gelang tersebut.
Cara menghindarinya, jika tidak tertarik, sebisa mungkin menghindar untuk dipasangkan gelang. Kalau bisa, kita pergi menjauh dan menghindarkan tangan dari genggamannya.
3. Polisi gadungan Seseorang mungkin mengaku dirinya sebagai polisi dan meminta kita memperlihatkan visa atau paspor. Setelah itu, polisi gadungan akan mencoba untuk mencari ada kesalahan pada visa atau paspor kita dan meminta uang suap atau membayar denda. Jadi, sebelum pergi ke luar negeri, pastikan visa atau paspormu tidak bermasalah.
4. Penipuan supir taksi Beberapa taksi akan mengantar kita dari bandara menuju hotel atau tujuan lain. Namun, ada pula beberapa taksi yang tidak mengambil rute langsung menuju tujuanmu, dan akhirnya ongkos jadi lebih mahal. Jadi, sebisa mungkin ketahui rute tujuan atau menggunakan aplikasi map dan gunakan taksi resmi. [FR]
sumber: kumparan.com

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Jelang Lebaran, Satpam UWG Malang Rakor Pengamanan Kampus

JURNALSECURITY| Malang– Jelang lebaran 2018 Satuan Pengamanan (Satpam) Kampus Inovasi Universitas Widyagama UWG Malang sibuk mengatur strategi pengamanan kampus yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *