Kamis , 24 Mei 2018
Home / NEWS / Robot Ramsee Siap Gantikan Satpam untuk Jaga Keamanan

Robot Ramsee Siap Gantikan Satpam untuk Jaga Keamanan

JURNALSECURITY| Colorado–Di tengah kemajuan teknologi, keberadaan robot mulai menggantikan pekerjaan manusia. Seperti di Amerika Serikat, sudah ada robot yang menjadi satpam dan karyawan hotel

Perkenalkan, namanya Ramsee. Dia adalah salah satu robot satpam pertama di Amerika Serikat. Ramsee  ini adalah robot hasil pengembangan Gamma Two Robotic Corporate Development. Sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat.

Dengan empat kamera dan sejumlah sensor yang terpasang, Ramsee dapat mendeteksi panas, asap, bau gas hingga obyek bergerak. Jika ada hal yang mencurigakan, Ramsee juga dapat mengirim peringatan ke pusat pemantauan.

Tercatat sudah ada 10 robot Ramsee yang dibuat. Pihak pengembang mengklaim  keberadaan Ramsee dapat mengurangi jumlah satpam di sebuah perusahaan. Waduh, artinya beberapa waktu ke depan, tenaga manusia bisa segera digantikan oleh robot-robot satpam ini. Bakalan banyak Pak Satpam berkumis yang menganggur dong?

Sementara itu di Las Vegas, Amerika Serikat sudah ada robot yang menjadi karyawan hotel. Robot bernama Elvis dan Prisila bertugas mengantar pesanan ke kamar hotel. Beragam barang dapat diantar robot-robot ini.  Mlai dari Koran, handuk hingga makanan atau minuman.

Selain di hotel, robot sejenis  Elvis dan Prisila juga sudah bertugas di sejumlah tempat, mulai dari perusahaan ekspedisi barang hingga rumah sakit.

Namun, untuk menyewa robot ini ternyata butuh biaya besar. Biaya sewa satu robot per bulannya mencapai 2 ribu dollar Amerika atau sekitar 47 juta rupiah.

Meski mahal, robot-robot ini diklaim lebih efisien dibanding menggunakan tenaga manusia karena bisa bekerja nonstop alias tanpa memerlukan istirahat.

Kemajuan teknologi di dunia memang berkembang setiap saat. Selalu saja ada terobosan baru yang memudahkan manusia menjalankan aktivitasnya. Mulai dari hal kecil seperti membuat catatan yang kini tak perlu lagi pakai buku, hingga hal besar seperti menyuci baju. Semuanya jadi lebih gampang dengan kemajuan teknologi.

Namun, pernahkah Andaterpikir seperti apa keadaan dunia di masa depan nanti? Perkembangan teknologi yang memudahkan manusia ini, seperti adanya Ramsee, Elvis, dan Prisila, ternyata seiring berjalannya waktu diperkirakan akan berdampak bagi bidang pekerjaan yang nggak butuh manusia lagi. Lambat laun kita semua harus mafhum dan harus ikhlas memberikan pekerjaan tersebut kepada para robot. Dan ini sejumlah pekerjaan –dalam beberapa tahun ke depan—yang diperkirakan bakal digantikan robot:

  1. Salah satu cara memasarkan bisnis biasanya lewat telemarketer. Asyiknya suara robot tak akan dikenali oleh orang yang menerima.
  2. Bidang kesehatan adalah bidang yang cukup “rawan” jika diganti oleh robot. Namun, kenyataannya ada robot farmasi yang tugasnya seperti apoteker. Hal ini terbukti dari UCSF Medical Center yang telah meluncurkan robot farmasi dan mempekerjakannya di dua rumah sakitnya.
  3. Kalau Anda pernah dengar ada mobil bisa berjalan tanpa sopir, ternyata itu memang sedang dikembangkan. Google telah mengumumkan kalau mereka sedang mengembangkan mobil yang bisa berjalan secara otomatis tanpa memerlukan manusia sebagai sopir. Ini adalah salah satu ancaman bagi profesi sopir angkutan umum.
  4. Kini sudah terdapat robot yang mampu membolak-balikan daging burger pada sebuah restoran cepat saji. Selain itu, ada juga robot yang mampu memasak beberapa jenis makanan. Hal itu membuktikan kalau beberapa tahun kemudian bakal ada robot yang ahli dalam menggarap berbagai resep masakan. [FR]

Sumber: antvklik.com

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Banyak Perusahaan Belum Memahami Pentingnya Security

JURNALSECURITY| Karanganyar–Pengguna jasa satpam didesak memenuhi standardisasi profesi personel keamanan. Selain untuk kepentingan legalitas, juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *