Kamis , 18 Januari 2018
Home / NEWS / Satpam Bisa Miliki Rumah dengan Cara Ini

Satpam Bisa Miliki Rumah dengan Cara Ini

JURNALSECURITY| Jakarta–Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya menyejahterakan masyarakat, salah satunya dengan meluncurkan bantuan pembiayaan rumah khususnya bagi para pekerja informal.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti mengatakan program yang bernama Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) ini merupakan bantuan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan tidak tetap atau informal. Misalnya satpam hingga pedagang kaki lima (PKL).

“Ya ini kan untuk masyarakat yang khususnya bagi yang penghasilannya tidak tetap. Tukang bakso, bisa juga OB (Office Boy), pekerja informal, pekerja tidak tetap di perkantoran seperti satpam, sekretaris, sopir itu kan semua yang termasuk tidak dalam penghasilan formal karena biasanya by contract per tahun kemudian komunitas tukang cukur, PKL jadi ini sangat bervariasi,” kata Lana di Jakarta, akhir tahun 2017.

Baca juga: PT Bravo SatriaPerkasa FasilitasiSatpam Miliki Rumah

Lebih lanjut, Lana mengatakan bahwa pekerja informal tersebut biasanya dinilai sulit mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Sehingga bantuan BP2BT diharapkan dapat menjadi solusi masalah tersebut.

“Sektor informal kan sulit (dapat pinjaman dari bank) karena nggak punya gaji tetap dan dengan bantuan BP2BT ini bisa membuktikan kalau mereka juga mampu,” sambungnya.

Sementara itu, pembiayaan BP2BT ini terdiri dari tiga komponen, yaitu pembiayaan sebesar 5% berasal dari tabungan pemohon. Kemudian, pembiayaan 26%-39% berasal dari kementerian PUPR dan 50%-80% berasal dari pembiayaan kredit.

Besaran pembiayaan dari Kementerian PUPR dan kredit akan tergantung pada penghasilan per bulan, jenis rumah dan daerah rumah yang akan dipilih.[FR]

Sumber: Detik

About Redaksi

Mau kirim tulisan Giat Satpam atau Komunitas Satpam. Hubungi 0817 19 5001 atau kirim ke jurnalsekuriti@gmail.com. Terima kasih

Check Also

Kesigapan Satpam, Minimalisir Korban Runtuhnya Balkon BEI

JURNALSECURITY| Jakarta–Lebih dari 70 orang dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta, akibat mengalami luka-luka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *